Pendahuluan
Pembelajaran Tematik di kelas 1 Sekolah Dasar (SD) merupakan pendekatan yang efektif untuk mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam tema-tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Subtema 1 dan 2 biasanya berfokus pada pengenalan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Artikel ini menyediakan bank soal yang komprehensif untuk membantu siswa kelas 1 memahami dan menguasai materi pada Subtema 1 dan 2. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman konsep dasar, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan aplikasi pengetahuan.
Tujuan Bank Soal

Bank soal ini bertujuan untuk:
- Mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Subtema 1 dan 2.
- Memberikan latihan soal yang beragam untuk memperkuat pemahaman konsep.
- Membantu guru dalam menyusun soal-soal ulangan harian, tugas, atau penilaian akhir subtema.
- Memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi ujian.
- Mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian lebih dalam proses pembelajaran.
Struktur Bank Soal
Bank soal ini disusun berdasarkan tema dan subtema, serta dibagi berdasarkan mata pelajaran yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Setiap bagian akan mencakup berbagai jenis soal, seperti:
- Pilihan Ganda: Menguji pemahaman konsep dasar.
- Isian Singkat: Menguji kemampuan mengingat dan memahami informasi spesifik.
- Menjodohkan: Menguji kemampuan menghubungkan informasi yang relevan.
- Benar/Salah: Menguji kemampuan membedakan pernyataan yang benar dan salah.
- Soal Uraian: Menguji kemampuan berpikir kritis dan menjelaskan konsep dengan kata-kata sendiri.
Subtema 1: Aku dan Teman Baru
Subtema ini berfokus pada pengenalan diri, identitas, dan interaksi sosial dengan teman baru.
A. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
-
Pilihan Ganda
- Sila pertama Pancasila dilambangkan dengan ….
a. Bintang
b. Rantai
c. Pohon Beringin
d. Kepala Banteng
Jawaban: a - Contoh perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah ….
a. Menghormati teman yang berbeda agama
b. Tidak mau berbagi makanan dengan teman
c. Berkelahi dengan teman
d. Mengejek teman
Jawaban: a - Saat berkenalan dengan teman baru, kita harus bersikap ….
a. Sombong
b. Ramah
c. Cuek
d. Marah
Jawaban: b
- Sila pertama Pancasila dilambangkan dengan ….
-
Isian Singkat
- Bunyi sila pertama Pancasila adalah ….
Jawaban: Ketuhanan Yang Maha Esa - Saat berdoa, kita menunjukkan rasa syukur kepada ….
Jawaban: Tuhan - Saat bermain dengan teman, kita harus saling ….
Jawaban: Menghormati
- Bunyi sila pertama Pancasila adalah ….
-
Benar/Salah
- Berdoa sebelum makan adalah contoh perilaku yang baik. (Benar/Salah)
Jawaban: Benar - Kita boleh mengejek teman yang berbeda agama. (Benar/Salah)
Jawaban: Salah - Saling membantu adalah contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila. (Benar/Salah)
Jawaban: Benar
- Berdoa sebelum makan adalah contoh perilaku yang baik. (Benar/Salah)
B. Bahasa Indonesia
-
Pilihan Ganda
- Saat berkenalan, kita menyebutkan ….
a. Alamat
b. Nama
c. Hobi
d. Semua benar
Jawaban: d - Kata yang tepat untuk mengakhiri perkenalan adalah ….
a. Sampai jumpa
b. Selamat pagi
c. Selamat siang
d. Selamat malam
Jawaban: a - Huruf vokal dalam kata "Budi" adalah ….
a. B dan D
b. U dan I
c. B dan I
d. D dan I
Jawaban: b
- Saat berkenalan, kita menyebutkan ….
-
Isian Singkat
- Lawan kata "senang" adalah ….
Jawaban: Sedih - Jumlah huruf dalam kata "sekolah" adalah ….
Jawaban: 7 - Sebutkan 3 huruf vokal: …, …, …
Jawaban: a, i, u (atau e, o)
- Lawan kata "senang" adalah ….
-
Menjodohkan
- Jodohkan kata dengan artinya:
- Nama –> … (Identitas diri)
- Teman –> … (Sahabat bermain)
- Senang –> … (Perasaan gembira)
- Jodohkan kata dengan artinya:
C. Matematika
-
Pilihan Ganda
- Lambang bilangan dari "lima" adalah ….
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
Jawaban: c - Setelah angka 7 adalah angka ….
a. 6
b. 8
c. 9
d. 10
Jawaban: b - Berapakah hasil dari 2 + 3?
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
Jawaban: b
- Lambang bilangan dari "lima" adalah ….
-
Isian Singkat
- Lambang bilangan dari "sembilan" adalah ….
Jawaban: 9 - Sebelum angka 4 adalah angka ….
Jawaban: 3 - Berapakah hasil dari 5 – 2?
Jawaban: 3
- Lambang bilangan dari "sembilan" adalah ….
D. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)
-
Pilihan Ganda
- Bernyanyi membuat hati menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Marah
d. Bingung
Jawaban: b - Contoh alat musik ritmis adalah ….
a. Gitar
b. Piano
c. Drum
d. Suling
Jawaban: c - Gerakan berjalan di tempat termasuk gerakan ….
a. Lambat
b. Cepat
c. Sedang
d. Diam
Jawaban: c
- Bernyanyi membuat hati menjadi ….
-
Isian Singkat
- Saat bernyanyi, kita harus memperhatikan …. dan ….
Jawaban: Nada dan Tempo - Alat musik yang dipukul adalah ….
Jawaban: Drum (atau rebana, gendang, dll.) - Gerakan melompat termasuk gerakan ….
Jawaban: Cepat
- Saat bernyanyi, kita harus memperhatikan …. dan ….
Subtema 2: Tubuhku
Subtema ini berfokus pada pengenalan bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawatnya.
A. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
-
Pilihan Ganda
- Kita harus bersyukur karena memiliki …. yang lengkap.
a. Pakaian
b. Makanan
c. Tubuh
d. Mainan
Jawaban: c - Menjaga kebersihan tubuh adalah bentuk …. kepada Tuhan.
a. Doa
b. Syukur
c. Janji
d. Perintah
Jawaban: b - Jika ada teman yang sakit, kita sebaiknya ….
a. Mengejek
b. Menjauhi
c. Menjenguk
d. Membenci
Jawaban: c
- Kita harus bersyukur karena memiliki …. yang lengkap.
-
Isian Singkat
- Bersyukur adalah wujud rasa …. kepada Tuhan.
Jawaban: Terima kasih - Kita harus menjaga …. agar tetap sehat.
Jawaban: Tubuh - Saling membantu adalah contoh perilaku yang ….
Jawaban: Baik
- Bersyukur adalah wujud rasa …. kepada Tuhan.
B. Bahasa Indonesia
-
Pilihan Ganda
- Untuk melihat, kita menggunakan ….
a. Telinga
b. Hidung
c. Mata
d. Mulut
Jawaban: c - Untuk mendengar, kita menggunakan ….
a. Mata
b. Telinga
c. Hidung
d. Mulut
Jawaban: b - Bagian tubuh yang digunakan untuk makan adalah ….
a. Tangan
b. Kaki
c. Mulut
d. Perut
Jawaban: c
- Untuk melihat, kita menggunakan ….
-
Isian Singkat
- Kita menggunakan …. untuk mencium bau.
Jawaban: Hidung - Kita menggunakan …. untuk berjalan.
Jawaban: Kaki - Kita menggunakan …. untuk memegang benda.
Jawaban: Tangan
- Kita menggunakan …. untuk mencium bau.
-
Soal Uraian
- Sebutkan 5 nama anggota tubuh!
Jawaban : (Mata, hidung, mulut, telinga, tangan)
- Sebutkan 5 nama anggota tubuh!
C. Matematika
-
Pilihan Ganda
- Jari tangan kita ada ….
a. 5
b. 8
c. 10
d. 12
Jawaban: c - Kita memiliki …. mata.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban: b - Jika kita memiliki 2 tangan dan setiap tangan memiliki 5 jari, maka jumlah jari kita adalah ….
a. 5
b. 7
c. 10
d. 12
Jawaban: c
- Jari tangan kita ada ….
-
Isian Singkat
- Kita memiliki …. hidung.
Jawaban: 1 - Kita memiliki …. telinga.
Jawaban: 2 - Jumlah mata dan hidung kita adalah ….
Jawaban: 3
- Kita memiliki …. hidung.
D. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)
-
Pilihan Ganda
- Menggambar termasuk kegiatan ….
a. Olahraga
b. Seni
c. Matematika
d. Bahasa
Jawaban: b - Kita bisa menggambar dengan menggunakan ….
a. Pensil
b. Krayon
c. Spidol
d. Semua benar
Jawaban: d - Saat menggambar, kita bisa menggunakan warna ….
a. Merah
b. Biru
c. Kuning
d. Semua benar
Jawaban: d
- Menggambar termasuk kegiatan ….
-
Isian Singkat
- Contoh alat untuk mewarnai adalah ….
Jawaban: Krayon (atau pensil warna, spidol) - Menggambar bisa membuat kita menjadi lebih ….
Jawaban: Kreatif - Warna dasar ada tiga, yaitu: …, …, dan ….
Jawaban: Merah, Kuning, Biru
- Contoh alat untuk mewarnai adalah ….
Penutup
Bank soal ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi siswa kelas 1 dalam memahami materi Tematik Subtema 1 dan 2. Guru dan orang tua dapat menggunakan bank soal ini sebagai bahan latihan, evaluasi, atau pendampingan belajar. Penting untuk diingat bahwa proses belajar harus menyenangkan dan sesuai dengan kemampuan siswa. Dengan pendekatan yang tepat, siswa akan lebih mudah memahami konsep dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selalu berikan motivasi dan dukungan kepada siswa agar mereka semakin semangat dalam belajar.

